Sabtu, 21 Mei 2011

MAJAPAHIT : BHINNEKA TUNGGAL IKA

Majapahit MadaniMajapahit dengan konsep Negara Kesatuan-nya telah diuraikan dalam artikel terdahulu, motivasi menuju Negara Kesatuan versi Majapahit ini adalah berkat Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Mahapatih Gajah Mada. Selanjutnya dalam artikel ini akan sedikit diuraikan fakta-fakta negara kesatuan dengan falsafah Bhinneka Tunggal Ika yang terdapat di dalam lingkungan kota raja Majapahit.

Adalah kitab (kakawin) Sutasoma gubahan Mpu Tantular yang ditulis pada masa keemasan kerajaan Majapahit di bawah pemerintahan raja Sri Rajasanagara (Dyah Hayam Wuruk),  yang diperkirakan ditulis antara tahun 1365 M hingga 1389 M, dan merupakan kakawin yang lebih muda dibandingkan dengan kakawin Negarakertagama.

Dari uraian yang terdapat dalam kakawin Sutasoma inilah diperoleh sasanti Bhinneka Tunggal Ika yang lengkapnya adalah Bhinneka Tunggal Ika tan hana dharma mangrwa. Sasanti tersebut berasal dari pupuh 139 bait yang ke 5, yang isi lengkapnya adalah seperti di bawah ini.



Majapahit Madani

Dengan demikian, dapatlah disimpulkan bahwa sasanti Bhinneka Tunggal Ika sebagaimana yang terdapat pada lambang negara kita adalah murni berasal dari jaman kerajaan Majapahit dan bukan diambil atau meniru slogan bangsa-bangsa lain.

1 komentar:

  1. Bhineka Tunggal Ika merupakan tonggak persatuan dan kesatuan bangsa untuk meraih kejayaan

    BalasHapus

Rahayu, setelah membaca artikel ini, bila anda tertarik silahkan tinggalkan pesan & kesan di bawah artikel ini. Semuanya demi kemajuan blog Majapahit Madani.